MAKALAH
‘’ANALISIS SISTEM ABSENSI DAN PENGGAJIAN DI PT
XYZ"
Makalah
ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen
Dosen : Doni Irman
Syarif, SE, MM
Disusun oleh:
Annida Maulidina ( 2015
– 03 – 0025)
Selpi Setiawati ( 2015
– 03 – 0037 )
Tania Debiana ( 2015 –
03 – 0045 )
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
PERGURUAN TINGGI LEPISI
Jl. KS Tubun No. 11 Pasar Baru, Tangerang
Telp. 021 – 5589161 / 62, Website: lepisi.ac.id
DAFTAR ISI
Daftar
isi
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan Penulisan
1.4. Manfaat Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
2.2.
Fungsi Sistem Informasi Manajemen dalam Perusahaan
2.3.
Analisis terhadap Sistem Informasi Manajemen pada PT.XYZ
2.3.1. Sistem
informasi manajemen dalam kehadiran karyawan di PT XYZ
2.3.2. Peranan
sistem payroll yang dijalankan pada PT
XYZ
2.3.3. Bagaimana
hubungan sistem kehadiran dan penggajian di PT XYZ
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Sistem
adalah satu kesatuan komponen yang saling terhubung dengan batasan yang jelas
bekerja bersama-sama untuk mencapai seperangkat tujuan.Sistem informasi adalah
kombinasi dari people, hardware, software,
jaringan komunikasi, sumber-sumber data, prosedur dan kebijakan yang
terorganisasi dengan baik yang dapat menyimpan, mengadakan lagi, menyimpan, dan
menyebarluaskan informasi dalam suatu organisasi. Orang bergantung pada sistem
informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai
jenis alat fisik (hardware), perintah
dan prosedur pemrosesan informasi (software),
saluran komunikasi (jaringan) dan
data yang disimpan (sumber daya data).
Informasi
dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti
halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung
kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat
dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi,
dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber
daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu,
yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan
pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak
dapat bekerja dengan baik.
Perkembangan
teknologi yang semakin cepat membutuhkan sumber daya manusia yang dapat
diandalkan serta dapat mengikuti perkembangan dan perubahan-perubahan yang
terjadi secara cepat untuk dapat diaplikasikan dalam dunia kerja. Sumber Daya
Manusia sebagai salah satu faktor penentu dari proses perkembangan teknologi
memegang peranan penting karena merupakan ujung tombak dari perkembangan
teknologi, Sumber Daya Manusia yang mampu mengikuti perkembangan teknologi yang
semakin berkembang dapat memberikan dampak baik bagi suatu perusahaan.
Begitu
juga pada Bagian Personalia / HRD sistem penggajian karyawan harus mengikuti
teknologi tidak menggunakan sistem manual, ataupun sistem semi manual
menggunakan microsoft excell, untuk itu diperlukan sistem informasi penggajian
yang nantinya dapat meng-handle semua pekerjaan yang dilakukan secara
manual ataupun semi manual yang membuat proses penggajian bisa lebih efektif
dan efesien secara waktu dan tenaga.
1.2.Rumusan Masalah
a. Bagaimana
sistem informasi manajemen dalam kehadiran karyawan di PT XYZ?
b. Bagaimana
peranan sistem kehadiran dijalankan pada PT XYZ?
c. Bagaimana
hubungan sistem kehadiran dan penggajian di PT XYZ?
1.3.Tujuan Penulisan
a. Dapat
mengetahui sistem informasi manajemen dalam mempermudah proses penggajian
karyawan;
b. Dapat
mengetahui seberapa efektif sistem penggajian yang digunakan.
1.4.Manfaat Penulisan
a. Diperoleh
suatu gambaran tentang pendapat terhadap kinerja sistem informasi manajemen;
b. Dapat
diperoleh masukan untuk pengembangan;
c. Sebagai
bahan evaluasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian
Sistem Informasi Manajemen
Sistem
Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang cukup kompleks. Sistem ini dapat
berjalan dengan baik apabila semua proses didukung dengan teknologi yang
tinggi, sumber daya yang berkualitas, dan yang paling penting komitmen
perusahaan. Sistem Informasi Manajemen berguna untuk mendukung fungsi operasi,
manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
Sistem
Informasi Manajemen bertujuan menghasilkan informasi yang berguna untuk
perusahaan. Kegiatan ini mendukung proses bisnis perusahaan dan perlu
diperhatikan untuk kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu, komitmen
perusahaan untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen haruslah sangat tinggi
agar proses yang terjadi dilantai produksi menjadi menguntungkan bagi
perusahaan.
Sistem
informasi manajemen digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan
dasrnya terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status,
dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam
mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan ketiga terdiri dari sumber
daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan
keputusan untuk pengendalian manajemen, dan lapisan puncak terdiri dari sumber
daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh
manajemen tingkat puncak.
2.2.
Fungsi
Sistem Informasi Manajemen dalam perusahaan
Setiap
sistem informasi akuntansi melaksanakan lima fungsi utama, yaitu pengumpulan
data, pemrosesan data, manajemen data, pengendalian data (termasuk security), dan penghasil informasi.
a. Pengumpulan
Data
Fungsi
pengumpulan data terdiri atas memasukkan data transaksi melalui formulir,
mensyahkan serta memeriksa data untuk memastikan ketepatan dan kelengkapannya.
Jika data bersifat kuantitatif, data dihitung dahulu sebelum dicatat. Jika data
jauh dari lokasi pemrosesan, maka data harus ditransmisikan lebih dahulu.
b. Pemrosesan
Data
Pemrosesan
data terdiri atas proses pengubahan input
menjadi output. Fungsi pemrosesan
data terdiri atas langkah-langkah sebagai berikut:
1) Pengklasifikasian
atau menetapkan data berdasar kategori yang telah ditetapkan.
2) Menyalin
data ke dokumen atau media lain.
3) Mengurutkan,
atau menysusn data menurut karaktersitiknya.
4) Mengelompokkan
atau mengumpulkan transaski sejenis.
5) Menggabungkan
atau mengkombinasikan dua atau lebih data atau arsip.
6) Melakukan
penghitungan.
7) Peringkasan,
atau penjumlahan data kuantitatif.
8) Membandingkan
data untuk mendapatkan persamaan atau perbedaan yang ada.
c. Manajemen
Data
Fungsi
manajemen data terdiri atas tiga tahap, yaitu: penyimpanan, pemutakhiran dan
pemunculan kembali (retrieving).
Tahap penyimpanan merupakan penempatan data dalam penyimpanan atau basis data
yang disebut arsip. Pada tahap pemutakhiran, data yang tersimpan diperbaharui
dan disesuaikan dengan peristiwa terbaru. Kemudian pada tahap retrieving, data yang tersimpan diakses
dan diringkas kembali untuk diproses lebih lanjut atau untuk keperluan
pembuatan laporan. Manajemen data dan pemrosesan data mempunyai hubungan yang
sangat erat.
Tahap
pengelompokkan data dan pengurutan data dari fungsi pemrosesan data, misalnya
sering dilakukan sebagai pendahuluan sebelum dilakukan tahap pemutakhiran dalam
fungsi manajemen data. Manajemen data dapat dipandang sebagai bagian dari
pemrosesan data. Manajemen data akan menunjang pencapaian efisiensi aktivitas
dalam proses menghasilkan informasi dan mendorong dipatuhinya kebijakan
manajemen terutama mengenai informasi aktivitas dan informasi kebijakan
manajemen.
d. Pengendalian
Data
Fungsi
pengendalian data mempunyai dua tujuan dasar: (1) untuk menjaga dan menjamin
keamanan aset perusahaan, termasuk data, dan (2) untuk menjamin bahwa data yang
diperoleh akurat dan lengkap serta diproses dengan benar. Berbagai teknik dan
prosedur dapat dipakai untuk menyelenggarakan pengendalian dan keamanan yang
memadai.
e. Penghasil
Informasi
Fungsi
penghasil informasi ini terdiri atas tahapan pemrosesan informasi seperti
penginterprestasian, pelaporan dan pengkomunikasian informasi.
f. Pengendalian
persediaan
Sistem
pengendalian persediaan menggambarkan proses perubahan dari item-item
persediaan. Data mengenai permintaan pelanggan diterima dari sistem proses
pemesanan, sistem pengendalian persediaan berbasis komputer memberikan
pelayanan berkualitas pada pelanggan disamping meminimasikan investasi dan
biaya dalam persediaan.
2.3.
Analisis
terhadap Sistem Informasi Manajemen pada PT XYZ
2.3.1.
Sistem
informasi manajemen dalam kehadiran karyawan di PT XYZ
Sistem
kehadiran karyawan di PT XYZ menggunakan mesin absensi Handkey. Handkey ini merupakan
teknologi tangan yang dapat memetakan dan memverifikasi ukuran dan bentuk
tangan seseorang dalam waktu kurang dari satu detik. Handkey dapat menangkap bentuk gambaran tangan secara tiga dimensi
menggunakan gambar array 32.000 pixel. Pengukuran diambil total 90 faktor,
termasuk dari panjang, luas, ketebalan, permukaan dari area jari dan tangan
yang diambil.
Algoritma
yang canggih dapat menentukan aspek unik dari setiap tangan dan membuat
template tangan sembilan bit. Template ini lalu disimpan dan digunakan untuk
perbandingannya setelahnya. Kotoran, debu, dan juga lecet yang ada pada tangan
tidak akan berdampak besar pada akurasi dari scan telapak tangan. Dan hal
tersebut juga tetap dapat dilakukan. Pembaca telapak tangan ini menggunakan
sinar inframerah yang memiliki sinar rendah, dan juga kamera CMOS untuk
mengambil gambar tiga dimensi dari tangan. Kemudian gambar tersebut akan
dikonvert dalam bentuk bit elektronik dan menyimpannya dalam data pemilik
telapak tangan tersebut.
2.3.2.
Peranan
sistem payroll yang dijalankan pada
PT XYZ
Sistem
penggajian dan pengupahan dalam perusahaan manufaktur melibatkan departemen
personalia dan umum, departemen keuangan, dan departemen akuntansi. Departemen
personalia dan umum pertanggung jawab dalam pengangkAtan karyawan, penetapan
jabatan, penetapan tarip gaji dan upah, promosi dan penurunan pangkat, mutasi
karyawan, penghentian karyawan dari pekerjaannya, dan penetapan berbagai
tunjangan kesejahteraan karyawan serta penghitungan gaji dan upah karyawan.
Bagian
Keuangan bertanggungjawab atas pelaksanaan pembayaran gaji dan upah serta
berbagai tunjangan kesejahteraan karyawan. Bagian Akuntansi bertangggungjawab
atas pencatatan biaya tenaga kerja dan distribusi biaya tenaga kerja untuk
kepentingan perhitungan harga pokok produk dan penyediakan informasi guna
pengawasan biaya tenaga kerja.
Sistem
Informasi Manajemen yang digunakan dalam memproses kehadiran karyawan di PT XYZ
menggunakan sistem payroll. Payroll berasal dari bahasa inggris yang
artinya “daftar gaji”. Namun pengertian payroll
yang sebenarnya bukan itu yaitu payroll
adalah sebuah administrasi penggajian yang merupakan pekerjaan rutin dan
termasuk bagian yang terpenting dari suatu perusahaan yang mempunyai karyawan
atau pegawai.
Sistem
payroll adalah sistem pengajian
pegawai suatu perusahaan yang dibuat untuk mempermudah dan membantu dalam
penghitugan gaji secara otomastis menghitung dari uang pokok, uang harian, uang
makan, uang lembur dan lain-lain.
Manfaat
menggunakan sistem payroll adalah
sebagai berikut:
a) Lebih
hemat waktu, yang asalnya penghitungan gaji untuk 100 orang yang bisa
menghabiskan beberapa hari bisa dengan cepat di hitung dalam 1hari, kenapa bisa
begitu karena di aplikasi payroll
telah tersedia penghitugan gaji berdasakan kehadiran yang sudah sinkron dengan
alat fingerprint (absensi menggunakan
sidik jari) dan terdapat modul lembur yang mempermudah penghitugan gaji
berdasarkan berapa harikah si pegawai hadir dan berapa lama dia lembur bisa di
htung otomatis dengan menggunakan aplikasi payroll.
b) Lebih
hemat pegawai HRD, biasanya untuk menghitung gaji 100 pegawai dalam 1 hari
membutuhkan HRD lebih dari 3-5 orang tapi dengan adanya Aplikasi Payroll yang membantu dalam perhitungan
gaji cukup dengan 1-2 HRD yang di butuhkan perusahaan dan dengan lebih cepat
dan sedikit karyawan yang di pekerjakan lebih menghemat keungan perusahaan.
2.3.3.
Bagaimana
hubungan sistem kehadiran dan penggajian di PT XYZ
Hubungan
antara sistem kehadiran yang menggunakan Mesin Handkey dengan penggajian sistem payroll berhubungan erat satu sama lain. Mesin Handkey telah dirancang secara khusus dan teliti agar
dapat bekerja selaran system payroll. Payroll
bekerja sesuai dengan kehadiran setiap karyawan. Kehadiran karyawan yang
menggunakan mesin handkey lebih
akurat, karena tidak dapat digantikan oleh orang lain harus dengan yang
bersangkutan.
Fungsi dari sistem
ini :
1. Proses
absensi masuk dan keluar karyawan
2. Proses
pengelolaan data karyawan
3. Proses
pengelolaan data payroll
4. Proses
lembur karyawan
5. Proses
ketidakhadiran karyawan
6. Proses
pembuatan daftar gaji
7. Proses
pembayaran daftar gaji
8. Proses
pendistribusian gaji karyawan
Setiap data absensi karyawan yang
masuk kedalam sistem payroll akan diproses
secara akurat mulai dari hadir atau tidaknya karyawan sampai dengan lemburan
yang dilakukan. Semua data akan diproses secara terinci tanpa ada kesalahan,
karena pengabsenan karyawan dilakukan melalui mesin Handkey yang memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik.
Setelah data absen karyawan masuk
kedalam sistem payroll, kita dapat
mengaksesnya dengan memasukkan nama pada user
name dan password, kemudian login. Akan muncul form menu penggajian karyawan, seperti set-up data karyawan, proses penggajian, perhitungan pajak PPH 21,
serta laporan tanda terima gaji dan rekapitulasi gaji karyawan.
Setiap
data karyawan yang dibutuhkan, akan diinput
dalam sistem payroll. Data yang
dibutuhkan dalam penginputan sistem payroll,
sebagai berikut :
1. Data
karyawan : Nama Karyawan, Nomor Induk Karyawan (NIK), Tempat Tanggal Lahir,
Jenis Kelamin, Alamat, Jabatan, Unit;
2. Data
absensi karyawan (masuk dan keluar) : Nama Karyawan, Nomor Induk Karyawan
(NIK), Jabatan, Unit, Jam Masuk Karyawan, Jam Keluar Karyawan, Lama Lembur
Karyawan.
3. Data
pendistribusian gaji : Nama Karyawan, Nomor Induk Karyawan (NIK), Jabatan,
Nomor Rekening Bank Karyawan, Total Gaji.
4. Data
Admin/petugas : Nama Petugas, Nomor Induk Karyawan (NIK), Jenis Kelamin, Tempat
Tanggal Lahir.
Setiap karyawan akan memiliki data
nya masing – masing, sehingga dalam proses penggajian akan lebih mudah, cepat
dan akurat. Kita hanya perlu memasukkan bulan dan tahun kemudian memprosesnya.
Dan laporan – laporan yang dibutuhkan bagian HRD akan muncul dalam bentuk print-out, baik slip gaji maupun
rekapitulasi perhitungan PPH 21 karyawan.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Sistem
Informasi Manajemen merupakan sebuah
bagian penting dari jalannya suatu pekerjaan. Sistem Informasi Manajemen dapat
menyediakan beberapa informasi bagi orang – orang yang memiliki kebutuhan yang
sama atau dibidang yang sama. Sistem
Informasi Manajemen digunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat, akurat
dan cepat.
Sistem
informasi membantu untuk mempermudah pekerjaan menjadi efisien, sehingga banyak
dimanfaatkan oleh beberapa perusahan seperti PT XYZ. Karena pemanfaatan Sistem
Informasi Manajemen dalam era globalisasi ini digunakan untuk menjaga
kelancaran bisnis perusahaan. Kegiatan utama sistem informasi adalah menerima
data sebagai masukan (input),
penggabungan unsur – unsur data, pemutakhiran, dan lain – lain hingga akhirnya
memperoleh informasi ssebagai keluarannya (output).
DAFTAR PUSTAKA
The Slots - Online Casino Sites
BalasHapusThe casino site is dedicated to the gambling industry. They're not 인카지노 only งานออนไลน์ the best choegocasino casino website, they also offer the best games, most modern and top-notch casino
Lucky Club | Live casino site
BalasHapusPlay with bonus, deposit and play for luckyclub real cash! Lucky Club. Enjoy the best odds for the best casino games. Enjoy the most popular games at Casino · PayPal · Contact Us · Online